Kabar gembira! Situs komunitas video sharing online terbesar di dunia, YouTube, meluncurkan layanan lokal khusus bagi pengguna di Indonesia.

Pengguna dapat mengunjungi situs video lokal Indonesia ini cukup dengan memilih “Indonesia” pada pilihan lokasi yang ada pada bagian bawah situs ini di halaman awal YouTube.com. Jika Anda ingin lebih cepat, bisa juga langsung mengunjungi situs www.youtube.co.id.

“Kami berharap peluncuran ini dapat meningkatkan pengembangan komunitas lokal Indonesia di dalam komunitas global YouTube, sehingga artis, musisi, direktur film dan pembuat video Indonesia dari semua lapisan masyarakat dapat masuk ke dalam platform YouTube untuk berbagi cerita mereka dengan tetangga, teman, sesama warga, dan juga seluruh dunia,” ujar Adam Smith (Director of Product Management YouTube Asia Pasifik) di Jakarta, Kamis (14/6).

Kekhususan YouTube Indonesia tercermin dari logo YouTube yang kini ditambahi siluet Monumen Nasional (Monas) sebagai salah satu bangunan ikon nasional serta siluet wayang di latar belakang kata “Tube”.

Bersamaan dengan peluncuran tersebut, YouTube juga menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan media terkemuka di Tanah Air. Sebut saja Kompas TV, Kompas Cybermedia, Viva Media Group, dan MyTrans.com. Tidak ketinggalan perusahaan musik nasional seperti Aquarius Musikindo, Nagaswara, Trinity, GP Records, dan Musica Studio.

YouTube pun telah mendapatkan pemasang iklan yang akan tampil dalam halaman muka YouTube Indonesia, seperti Unilever Indonesia, Telkomsel, Bank Central Asia, dan Blibli.com. Iklan mereka rencananya akan ditampilkan pada minggu peluncuran ini.

Salah satu keuntungan dari peluncuran YouTube Indonesia ini adalah para pengguna di Tanah Air dapat menyaksikan tayangan langsung bebas biaya, live streaming liputan Olimpiade 2012 di London melalui http://youtube.com/olympic mulai tgl 27 Juli sampai 12 Agustus 2012.

Blogger, Social Media Strategist, SEO, Web Design.