Buat kawan-kawan yang menyukai dunia blogging, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah hosting atau web hosting. Web hosting adalah tempat kita “memarkirkan” domain dan juga file-file website atau blog kita. Saat ini sudah sangat banyak penyedia layanan web hosting yang bisa kita pilih, mulai dari yang berbayar hingga yang gratisan pun kini mulai banyak bermunculan. Tapi tentunya dengan kualitas yang berbeda-beda. Ukuran standar yang biasanya dilihat oleh seseorang dalam memilih dan menentukan web hosting adalah dengan melihat bandwitdh (data transfer) dan kapasitas (disk space).

Berikut ini akan saya berikan rekomendasi tiga penyedia layanan web hosting yang tidak berbayar alias gratis, tapi dengan kualitas yang cukup baik.

1. IDHostinger (www.idhostinger.com)

2013_04_03_20_42_18

Yang pertama adalah IdHostinger.com, web hosting ini bisa dikatakan berkualitas karena menyediakan ukuran bandwitdh dan space yang cukup besar untuk ukuran sebuah hosting gratisan.

Disk Space = 2 Gb, Bandwitdh = 100 Gb/bulan, Jumlah domain = unlimited, Kecepatan Jaringan Server = 10 mbps.

Kelebihan lainnya adalah adanya fasilitas penginstalan otomatis, fasilitas ini memberikan kemudahan kepada kita untuk menginstall berbagai macam paltform website atau blog, seperti wordpress, joomla, drupal, jcow, dll. Hanya dengan beberapa klik saja, database dan file-file website kita sudah terinstall secara otomatis. Dan layanan gratis ini berlaku untuk selamanya, sepanjang penyedia hosting ini masih ada. hehe..

Kelemahan layanan gratis dari web hosting ini adalah kita hanya diizinkan untuk membuat database sebanyak dua saja.

Silahkan kunjungi website resminya di: www.idhostinger.com

catatan: blog yang sedang anda baca ini juga memanfaatkan layanan dari IDHostinger.comBagimana?? Cepat kan!! hehe..

2. 000webhost (www.000webhost.com)

000webhost juga mempunyai layanan gratis yang tidak kalah oke, seperti:

Disk Space = 1,5 Gb dan Bandwitdh = 100 Gb/bulan, 000webhost juga mempunyai auto installer dan website builder (standar).

Hanya saja pada 000webhost jumlah domain dibatasi, jumlah domain hanya diperbolehkan sampai lima, dan database juga hanya dibatasi sampai dua saja.

Silahkan kunjungi website resminya di : http://www.000webhost.com/

3. Neq3 (www.neq3.com)

Inilah jawaranya!! Dibandingkan dengan dua penyedia layanan web hosting gratis yang telah saya jelaskan di atas, neq3 hosting lebih unggul dan lebih baik, karena menyediakan beberapa paket hosting yang kesemuanya adalah gratis. Bahkan dalam website resminya, neq3 hosting berani menyebutkan bahwa mereka lebih baik dari penyedia layanan web hosting berbayar.

Berikut ini adalah paket-paket yang ada di neq3 hosting:

- Paket MercuryPaket ini cocok untuk anda yang pemula.

Disk Space = 5 Gb dan Bandwitdh = 50 Gb/bulan, adanya fasilitas Cpanel dan juga autoinstaller.

- Paket Venus, Paket ini cocok kalangan profesional.

Disk Space = 10 Gb dan Bandwitdh = 100 Gb/bulan, adanya fasilitas Cpanel dan juga autoinstaller.

- Paket Mars, Paket ini cocok untuk kalangan Bisnis+Pro

Disk Space = 20 Gb dan Bandwitdh = 200 Gb/bulan, adanya fasilitas Cpanel dan juga autoinstaller.

Semua paket dalam layanan web hosting dari Neq3 di atas adalah gratis. Untuk lebih lengkapnya lihat pada gambar di bawah ini: (atau kunjungi website resminya: http://www.neq3.com

2013_04_05_19_58_30

Blogger, Social Media Strategist, SEO, Web Design.