Di tahun 60-an dan 70-an, pendahulu internet diciptakan oleh Advanced Research Projects Agency (ARPA) dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Dikenal sebagai ARPANET, prekursor ini dirancang untuk komunikasi antar terminal ARPA yang berbeda. Komputer yang sangat mahal saat itu, sehingga pertumbuhan pada proyek ini lambat. Manfaat utama dari ARPANET adalah kemudahan transfer informasi.

Setelah sekitar satu dekade, ARPANET mulai pindah ke jaringan internet yang lebih terbuka. Adalah J.C.R Licklider yang muncul dengan istilah “Galactic Network” di awal 60-an. Dia telah memimpikan sebuah konsep jaringan di seluruh dunia di mana komputer dapat dihubungkan satu sama lain, sehingga siapapun dengan komputer dapat mengakses dan mengirimkan informasi ke komputer lain dan sesama pengguna.

ARPANET adalah jelas hanya langkah pertama dalam sejarah panjang sampai pada internet yang kita miliki saat ini. Pada tahun 1975, Atari 8800, komputer pribadi pertama, merintis jalan ke pasar. Pada tahun 1978, Apple II dirilis sebagai massa pertama kali dipasarkannya komputer pribadi. Pada tahun 1985, nama domain pertama terdaftar, dan pada tahun 1989, pertama layanan IP sudah mulai ditawarkan.

Pada 90-an, tokoh-tokoh seperti Al Gore dan Bill Gates sangat membantu mempercepat pertumbuhan internet, dan pada tahun 1998, Google didirikan. Pada tahun 1999, sudah ada pembajak yang kontroversial (terima kasih kepada Napster), virus komputer pertama di dunia, dan tentu saja situs pertama oleh Emerson Spartz, Mugglenet!

Pada tahun 2003 pengguna internet mulai mengenal spam, dan pada tahun 2004 dunia diperkenalkan ke Facebook. 2005 melihat awal Youtube, dan 2006 membawa Twitter untuk dunia.

Blogger, Social Media Strategist, SEO, Web Design.