Pada tahun 1997, Gates dan Microsoft menginvestasikan dana sebesar 150 Juta Dollar kepada Apple, demi menyelamatkan perusahaan itu dari kebangkrutan. Ia juga mengembangkan dan mengirimkan versi Microsoft Office, Internet Explorer, dan berbagai tools lainnya untuk platform Macintosh. Gates dan Jobs membuat pengumuman melalui link satelit pada Macworld Trade Show di Boston, Massachusetts.

Lebih dari 8 juta pelanggan Mac menggunakan Microsoft Office pada komputer Mac mereka. Ini adalah langkah yang bertujuan untuk meningkatkan popularitas Apple sementara membuat Gates dan Microsoft mendapatkan keuntungan finansial yang besar.

Dana yang diberikan kepada apple sepertinya terlihat besar sekali, namun di tahun itu Microsoft telah menghabiskan 450 juta dollar pada sebuah WebTV saja. Kedua perusahaan sepakat untuk bekerja sama dalam bahasa pemrograman Java dan bahasa pemrograman lainnya agar menjadi user friendly dan konsisten dengan kedua perusahaan.

Kabar investasi ini, ditambah dengan pernyataan Jobs bahwa mereka akan mendapatkan anggota dewan direksi baru mendorong saham perusahaan naik lebih dari 40%. Sedangkan investasi 150 juta dollar itu akan digunakan dalam pengembangan pasar inti dan konten kreatif. Mereka berharap akan mendapatkan persentase yang lebih tinggi dari total pendapatan dari perangkat lunak dan jasa dari pasar-pasar utama.

Blogger, Social Media Strategist, SEO, Web Design.