Banyak orang yang (sebenarnya) telah menyebut sebuah merek dagang saat bermaksud ingin menyebutkan jenis produk. Keadaan ini karena merek dagang tersebut sudah sangat mengakar di benak masyarakat, bisa karena merek dagang ini adalah pelopor untuk jenis produk tersebut, atau karena merek dagang inilah yang paling sukses diantara merek dagang lainnya.

Merek dagang ini ada yang sudah tidak diproduksi, namun banyak juga yang masih berproduksi, sehingga secara tidak langsung sebenarnya fakta ini menguntungkan bagi si pemegang merek dagang tersebut, karena banyak orang yang secara tidak langsung telah “mempromosikan” merek dagang itu dengan selalu menyebut namanya, padahal produk yang dibeli belum tentu bermerek sama dengan yang disebut. Contoh paling sering adalah saat kita ingin membeli sebuah produk minuman mineral, kita sering menyebutkan merek dagang aqua, “tolong dong beliin aqua gelas satu”, padahal belum tentu yang dibeli itu bermerek aqua.

Berikut ini adalah beberapa jenis merek dagang yang pada akhirnya menjadi “benchmark” hingga saat ini:

1. Aqua

Hingga saat ini orang yang ingin membeli sebuah produk minuman mineral pasti menyebut nama Aqua, “beli aqua botol satu”. Padahal belum tentu produk yang dibeli itu benar-benar bermerek aqua.

4650807_20121111105650

2. Odol

Nah, kalau merek dagang yang satu ini pasti belum banyak yang tahu. Saat kita ingin membeli produk pasta gigi, kita pasti akan menyebutnya odol. “beli odol donk”. Padahal odol ini adalah sebuah merek dagang yang sekarang sudah tidak berproduksi lagi.

4650807_20121112120852

3. Autan

Untuk produk lotion anti nyamuk ini pun sama, banyak orang yang menyebut nama autan untuk mewakili berbagai produk lotion anti nyamuk.

4650807_20121111110449

4. Handycam

Banyak orang yang juga tidak / belum tahu bahwa gambar di bawah ini merupakan sebuah produk Camcorder, banyak orang yang lebih familiar menyebutnya handycam. Nah,  aslinya “Handycam” itu adalah sebuah merek dagang camcorder keluaran dari SONY.

4650807_20121111104234

5. Walkman

Ini dia produk dari SONY lainnya yang merek dagangnya sudah dijadikan sebagai patokan untuk berbagai macam produk portable audio cassette players (pemutar kaset portable).

1558642_20121205051451

6. Pampers

Ibu-ibu yang punya bayi pasti akan bilang “pampers” saat akan beli popok bayi. (oh iya, gambar di bawah ini editan, jadi jangan dibayangkan kalau bayinya sebesar itu ya..!!! hehehe..)

7. Softex

Nah kalau produk yang satu ini sebenernya daerah teritorial dari wanita, tapi nggak apa-apa kalau kita cantumkan juga. Yaitu merek dagang “Softex” yang sering digunakan/disebutkan untuk sebuah produk pembalut wanita.

8. Sanyo

Bapak-bapak hingga saat ini masing sering menyebutkan merek dagang “SANYO” untuk produk mesin air.

9. iPad

Kalau yang ini sih produk masa kini nih, entah karena pelopor atau karena yang paling sukses, tapi faktanya nama “iPad” sering disebut untuk mempresentasikan berbagai macam produk tablet.

Itulah beberapa merek dagang yang namanya selalu dipakai untuk “mewakili” berbagai jenis produk dagang serupa walaupun mempunyai merek dagang yang berbeda. Apakah masih ada yang kurang? silahkan anda tambahkan sendiri melalui kolom komentar!!

Blogger, Social Media Strategist, SEO, Web Design.