Apple baru saja memperkenalkan sistem operasi terbaru untuk perangkat mobile mereka, iOS 6. Banyak fitur baru yang hadir di OS ini, namun seberapa canggih jika dibandingkan dengan Android Ice Cream Sandwich (ICS) yang sudah lebih dahulu hadir?

Memang, iOS 6 akan membawa segudang pembaharuan dibanding versi sebelumnya. Tapi sayangnya semua fitur yang ditawarkan itu tidaklah benar-benar baru, paling tidak saat disandingkan dengan Android ICS yang mulai diperkenalkan akhir 2011 lalu.

Di iOS 6 kini pengguna bisa menggunakan peta untuk bernavigasi hingga setiap tikungan alias turn by turn. Asyiknya lagi, di iOS 6 Anda juga bisa menikmati peta dalam sajian 3D yang menarik.

Nah, untuk pengguna Android ICS mungkin hal itu sudah bukan barang baru. Di peta yang ditawarkan Google pengguna tak hanya ditawarkan navigasi secara turn by turn, tapi juga modus walking, biking, dan transit. Pun begitu soal kemampuan 3D yang sudah ada.

Fitur lain yang diperkenalkan Apple di iOS 6 adalah soal integrasi terhadap Facebook. Hmm… Kalau soal ini mungkin Android sudah ada sejak beberapa versi lalu, dan tak cuma Facebook, hampir semua aplikasi jejaring sosial dan layanan cloud bisa dibenamkan di dalamnya.

Selain kedua fitur yang disebutkan di atas, berikut adalah komparasi lengkap antara iOS 6 jika dibandingkan Android ICS dalam sebuah tabel.

Jika dilihat dari data di atas memang bisa disimpulkan bahwa apa yang ditawarkan Apple esok melalui iOS 6 ternyata sudah ada di Android saat ini, khususnya ICS. Namun tak dipungkiri juga jika iOS kerap menawarkan sistem operasi yang stabil dengan sistem keamanan yang lebih baik dari Android.

Blogger, Social Media Strategist, SEO, Web Design.