Naik kano adalah salah satu cara untuk bertualang menembus hutan. Bayangkan serunya menyusuri sungai dan muara. Tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar berkano tetap asyik dan aman.

Berkano membutuhkan kehati-hatian selain juga kerja sama, jika Anda berkano dengan orang lain. Berikut 7 tips aman saat naik kano:

1. Periksa kondisi kano sebelum naik

Sebelum mulai berkano, periksalah kondisinya dengan baik. Apakah ada kerusakan, kebocoran, bagian rentan retak atau patah. Periksa juga kelengkapan kano, ada berapa dayung yang tersedia. Terkait keselamatan, cek juga apakah ada pelampung yang disediakan.

2. Naik ke kano, pijak bagian tengah

Menjaga keseimbangan sangat penting saat Anda hendak naik ke kano. Salah pijak, kano Anda bisa terbalik.

Cara naiknya cukup mudah sebenarnya. Sejajarkan diri Anda dengan kano, sama-sama menghadap ke depan kano. Lantas, pijaklah bagian tengah kano, alias bagian cerukan yang paling dalam. Titik tengah ini adalah bagian yang paling seimbang, baik Anda menginjak bagian depan, tengah atau belakang kano.

Kalau kaki Anda menginjak terlalu ke kiri atau kanan kano, kano Anda akan bergoyang-goyang. Salah-salah Anda tercebur ke air.

3. Pegang dayung dengan benar

Berkano, artinya Anda harus siap mendayung. Tapi salah memegang dayung malah akan membuat tangan Anda cepat pegal.

Sekarang, bayangkanlah dayung itu sendok es krim, ada pangkal dengan ujung menyerupai sendok. Dengan asumsi Anda bukan kidal, tangan kanan Anda menggenggam pas di tengah dayung, tangan kiri Anda menggenggam di bagian pangkal dayung. Dengan demikian beban kayuhan terbagi sempurna.

4. Pahami prinsip mendayung

Sederhana, tapi harus Anda perhatikan. Mendayung itu berkebalikan dengan mengendalikan kendaraan di daratan. Mendayung di kanan, kano bergerak ke kiri, dan mendayung di kiri, kano bergerak ke kanan. Jangan tertukar ya.

5. Kompak mendayung kano

Kalau Anda naik kano berdua atau lebih, mendayunglah yang kompak. Ada yang mendayung di sisi kanan, ada yang mendayung di sisi kiri. Ritme mendayung pun disamakan. Kalau teman Anda mengayuh dayung ke air, Anda pun begitu.

6. Baca situasi di sungai

Waspada itu perlu saat Anda sedang berkano. Perhatikan ada apa di bagian depan sungai, apakah ada batang pohon yang mencuat atau malah buaya. Dengan waspada, Anda bisa mengarahkan kano agar tidak menabrak dan bisa menghindar.

Saling mengingatkan satu sama lain, itu juga perlu dilakukan. Siapa tahu teman Anda lengah, ada sesuatu yang melintang di sungai dan dia tidak melihat, maka Anda yang memberi tahu. Berikutnya, mungkin teman Anda yang memberi tahu.

7. Jangan banyak tingkah di atas kano

Jangan nekat berjoget-joget atau menggerakan badan berlebihan. Ingat, keseimbangan kano ditentukan para penumpangnya.

Jika Anda ingin memfoto alam sekitar, atau memfoto teman-teman Anda, tetap perhatikan keseimbangan kano. Jangan sampai Anda tercebut gara-gara kebanyakan tingkah.

Itulah kiat-kiat berkano yang bisa Anda ikuti. Selamat menjelajah serunya sungai!

Blogger, Social Media Strategist, SEO, Web Design.