Ada berbagai jenis transportasi yang bisa mengantar wisatawan menjelajah sebuah kota. Namun, beberapa tempat di dunia punya alat transportasi yang lain dari biasanya. Berminat mencoba beberapa di antaranya?

Mobil, kereta api, bus, dan perahu adalah kendaraan umum yang biasa mengantar para traveler untuk menjelajah sebuah kota. Tidak seperti biasanya, 7 tempat ini memiliki kendaraan paling aneh di dunia. Seperti yang dikutip All Womens Talk, Senin (11/06/12):

1. Madeira, Portugal

Terletak di Samudra Atlantik, sekitar 666.000 km sebelah barat Maroko, Madeira merupakan sebuah pulau punya Portugal yang terkenal dengan pemandangan alam yang luar biasa. Di sini, Anda bisa melakukan perjalanan menuruni bukit yang sudah beraspal sepanjang two km dengan menggunakan kereta kecil bernama “toboogan”. Transportasi ini sudah ada sejak tahun 1800 dan masih digunakan sebagai daya tarik wisatawan. Anda akan diajak meluncur dengan kecepatan hingga 45 km per jam. Wush!

2. Wales, Britania Raya

Dengan kemajuan teknologinya, Britania Raya memiliki transportasi unik yang bisa mengantarkan masyarakat dan wisatawan. Salah satunya adalah B-Bugs di Wales. B-Bugs adalah mobil bertenaga listrik dengan ukuran yang mini. Mobil ini hanya berkapasitas satu supir dan satu penumpang. Dengan kecepatan maksimal 30 km per jam, Anda bisa menikmati pemandangan kotadi atas jalur khusus B-Bugs.

3. Toronto, Kanada

Naik bus di atas sungai, kok bisa? Ya, itulah yang bisa Anda rasakan di kota terbesar di Kanada, Toronto. Transportasi sungai ini memang terlihat mirip seperti bus, hanya saja tidak menggunakan roda. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama Hippo. Wisatawan bisa menikmati pemandangan mengagumkan saat menggunakan Hippo ini.

4. Kladesholmen, Swedia

Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan sambil sauna bisa datang ke dekat perairan Kladesholmen, Swedia. Di sini terdapat transportasi unik untuk menyeberang danau yang di dalamnya dilengkapi dengan kamar uap untuk sauna! Kendaraan yang terlihat seperti perahu dengan kamar tidur ini hanya bisa menempuh kecepatan hingga 20 km per jam.

5. Wuppertal, Jerman

Ungkapan bahwa orang keturunan Jerman adalah ahli rekayasa, sepertinya sangat tepat. Di Kota Wuppertal, Jerman, terdapat kereta yang bisa mengantarkan Anda berkeliling kota. Namun, rel atau lintasan kereta tidak di bawah, melainkan di atas kereta. Kok bisa?

Kereta bernama Wuppertal Schwebebahn ini memang tergolong unik. Badan kereta ada di bawah lintasan dan terlihat menggantung. Kereta ini berjalan di sisi tebing-tebing yang ada di dekat danau kota. Biasanya, kereta ini terdiri dari two gerbong dengan seorang masinis. Anda bisa melihat keindahan pemandangan dengan cara yang sangat seru di Jerman!

6. Kamboja

Anda pasti tahu apa itu rakit. Rakit adalah kendaraan sungai terbuat dari rangkaian bambu yang dijadikan satu. Uniknya, rakit yang ada di Kamboja tidak berjalan di atas sungai, tapi di atas lintasan kereta. Ya, memang ada beberapa perlintasan kereta yang sudah tidak digunakan lagi di Kamboja. Rel tersebut yang kemudian dijadikan perlintasan rakit beroda untuk menarik wisatawan dari luar.

7. Amsterdam, Belanda

Yang terakhir adalah gaya hidup yang sedikit nyentrik di Amsterdam, Belanda. Adalah “bike beer” atau bir sepeda yang bisa menarik perhatian para traveler. Sepeda berbentuk seperti bar ini menyediakan bir sebagai suguhannya. Tidak tanggung-tanggung, sepeda ini akan membawa sekitar 30 liter bir untuk sekali jalan.

Sepeda ini bisa digunakan oleh 10 sampai 12 orang sekaligus. Para penumpang harus mengayuh pedal agar sepeda bisa terus berjalan. Sesekali penumpang juga bisa menikmati bir yang telah disediakan.

Blogger, Social Media Strategist, SEO, Web Design.