Traveling dengan sepeda motor sepertinya sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor.

Tidak hanya lintas kota, saat ini para biker sudah berani untuk menyeberangi pulau untuk menemukan pemandangan yang indah. Sepeda motor dipilih karena selain dapat menghemat biaya, kendaraan ini juga cukup fleksibel.  Berikut adalah tips wisata menggunakan sepeda motor:

1. Periksa kelengkapan motor

Sebelum melakukan perjalanan, memeriksa kesiapan kendaraan merupakan hal wajib. Jangan sekali-kali melakukan perjalanan jauh dengan kondisi motor yang kurang baik. Periksalah tekanan angin pada ban, ketegangan rantai, oli, rem, lampu, dan lain-lain. Tidak lupa juga untuk memastikan kelengkapan surat-surat kendaraan dan SIM demi keamanan di jalan.

2. Gunakan pelindung keselamatan

Pelindung keselamatan merupakan hal yang sangat penting saat Anda berwisata menggunakan sepeda motor. Gunakan helm standar keselamatan, kaca mata, masker, jaket, sarung tangan, celana berbahan tebal, dan sepatu. Bahkan bila perlu, body protector bisa juga Anda gunakan demi melindungi badan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Pahami rute

Berwisata tidak hanya menentukan tempat atau destinasi wisata yang ingin dituju. Anda juga perlu menentukan rute perjalanan yang paling aman, terutama saat menggunakan kendaraan bermotor. Usahakan cari informasi tentang rute yang akan Anda lalui, seperti jarak antara SPBU, bengkel, ATM, dan tempat peristirahatan. Usahakan untuk menghindari jalan-jalan yang sepi terutama di waktu malam hari.

4. Tentukan waktu perjalanan

Selain rute, tentukan juga waktu perjalanan. Perkirakan waktu perjalanan Anda, usahakan untuk tidak melakukan perjalanan pada malam hari. Selain gelap, malam hari dinilai cukup rawan bagi pengendara sepeda motor. Perjalanan pada siang hari bisa memudahkan Anda bila sewaktu-waktu memerlukan jasa bengkel. Akan tetapi, hindari juga perjalanan saat matahari sedang terik. Panasnya aspal dan matahari bisa mengganggu konsentrasi Anda saat mengendarai sepeda motor.

5. Jangan terlalu banyak membawa barang

Bawalah barang-barang yang diperlukan saja. Pikirkan ulang untuk membawa barang banyak, karena bisa menyulitkan Anda saat di perjalanan. Jika terpaksa membawa barang yang banyak, pastikan barang-barang tersebut tersimpan rapi, tidak mengganggu, dan tidak terjatuh selama perjalanan. Opsi lain, Anda bisa menggunakan jasa pengiriman barang yang saat ini sudah sangat mudah ditemukan.

6. Ajak teman yang bisa mengendarai sepeda motor

Hindari berkendara sendiri atau membawa teman perjalanan yang tidak bisa mengendarai motor. Hal ini akan sangat membantu jika di perjalanan nanti Anda merasa lelah dan ia bisa menggantikan posisi Anda untuk mengendarai sepeda motor.

Blogger, Social Media Strategist, SEO, Web Design.