Bagimana dunia tanpa Google? Banyak dari kita menggunakannya setiap hari untuk menjawab berbagai pertanyaan melalui Google Search, menemukan arah ke lokasi tertentu dengan Google Maps dan mengatur dokumen dengan Google Docs.

Sekarang ini, bahkan akses itu bisa lebih mudah karena semua fasilitas dari google itu juga tersedia pada perangkat mobile kita. Punya iPhone, Android atau perangkat iPad? Berikut adalah enam aplikasi penting dari Google yang juga tersedia pada perangkat mobile yang mungkin wajib anda download.

1. Google Search

Walaupun sebenarnya anda bisa melakukan pencarian dengan web browser yang ada di perangkat mobile anda, namun akan lebih praktis dan lebih simple lagi kalau anda langsung menginstall aplikasi penelusuran google. Bagi anda pengguna perangkat Android, Anda tidak perlu repot-repot untuk menginstal aplikasi ini karena sudah tersedia di dalam sistem operasi. Berikut ini link untuk mendownload di Google Play dan di iTunes untuk perangkat iOS.

 

2. Google Maps

Perangkat mobile dan aplikasi berbasis lokasi dibuat untuk saling melengkapi satu sama lain. Aplikasi ini sekarang telah menjadi andalan banyak orang di seluruh belahan dunia untuk membantu menemukan lokasi yang hendak dituju. Jika dulu anda pepatah mengatakan “malu bertanya sesat di jalan”, mungkin saat ini sudah berubah menjadi “tak install google maps sesat di jalan”. Silahkan Download Google Maps untuk iPhone dan tentu saja untuk Android jika Anda belum memilikinya.

 

3. Gmail

Jika anda memiliki perangkat android, sudah hampir pasti ada punya akun Google, dan memiliki akun webmail Gmail juga. Untuk memudahkan anda memeriksa atau mengelola email, anda pasti akan membutuhkan aplikasi Gmail yang diinstal pada perangkat Anda. Dapatkan di sini untukiPhone / iPad atau Android.

 

 4. YouTube

Apakah anda ingin menonton video pada perangkat mobile anda atau tidak, yang pasti selalu berguna untuk memiliki atau menginstall aplikasi YouTube. Bahkan jika Anda tidak sedang menonton video pada ponsel Anda, dan anda tengah membaca artikel yang di dalamnya ada sebuah tautan link untuk di klik, bisa jadi itu adalah tautan video yang menuju ke YouTube. Jika anda sudah memiliki atau menginstall aplikasi YouTube, maka aplikasi YouTube ini akan memudahkan anda membuka dan menonton video dari tautan link tadi. Dapatkan di sini untukiPhone / iPad atau Android.

 

5. Google Chrome

Tidak begitu puas dengan browser web bawaab ponsel anda? Mengapa tidak mencoba Google Chrome? Jika anda sudah menggunakan Chrome sebagai browser web pilihan anda pada komputer biasa, mungkin juga harus untuk mulai menggunakannya dari perangkat mobile anda juga. Dapatkan untuk iPhone / iPad dan tentu saja untuk Android.

 

6. Google Translate

 

Apapun profesi anda, apapun hobi anda, suatu hari anda pasti akan membutuhkan aplikasi yang satu ini. Apalagi jika anda adalah orang yang sering mencari referensi di internet, yang mungkin tidak selalu tersedia dalam bahasa Indonesia. Anda harus menginsall aplikasi ini untuk membantu menerjemahkan kata atau kalimat yang belum anda pahami artinya. Download aplikasinya di sini untuk iPhone / iPad dan pastinya di Android.

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi lainnya dari google untuk perangkat mobile anda, tapi ke-enam aplikasi inilah yang mungkin wajib ada di dalam perangkat mobile anda.

Suka  atau tidak suka, faktanya google sudah menjadi bagian dari keseharian kita, bahkan sebagian orang ada yang menyebutnya dengan Universitas Google, universitas yang menyajikan berbagai macam ilmu secara gratis. Sebagian lainnya ada yang menyebutnya si mbah google, kata “mbah” di dalam budaya kita biasa ditujukan kepada orang-orang sakti dan pintar atau biasa disebut dukun, yang tahu dan bisa menerawang segala hal. Ya, memang begitulah google, mungkin “tiada hari tanpa sungkem ke si mbah google”. hehe..

Blogger, Social Media Strategist, SEO, Web Design.