Untuk negara dengan mayoritas penduduk muslim, makanan halal menjadi hal yang utama. Penduduk muslim yang jumlahnya besar juga menjadi pasar potensial industri kuliner halal. Restoran halalpun menjadi investasi menjanjikan.

Seperti halnya membuka jenis lainnya, membuka restoran halal juga memiliki tantangan tersendiri. Bagi Anda yang tertarik berbisnis kuliner halal, perhatikan dulu beberapa hal berikut!

1. Mengetahui tata cara berbisnis dalam Islam

Sebelum memulai bisnis makanan halal, sebaiknya kenali dulu tata cara berbisnis dalam agama Islam. Islam memiliki aturan tersendiri dalam bertransaksi, mengambil keuntungan, dan juga membagi keuntungan.

Penting juga untuk selalu menuliskan dan melegalkan perjanjian yang dilakukan dengan pihak lain, untuk meminimalisir konflik di kemudian hari.

2. Memastikan seluruh bahan makanan halal

Menu-menu halal tentunya harus dibuat dari bahan-bahan yang sudah diakui kehalalannya. Cek dan pastikan jika bahan-bahan yang dipakai untuk mengolah makanan sudah memiliki sertifikat halal dan terjamin kualitasnya.

3. Jalin kerja sama dengan pemilik restoran lain

Kerja sama atau networking sangatlah penting dalam dunia bisnis, termasuk dengan pihak restoran lain yang juga sekaligus sebagai kompetitor. Hubungan baik ini memungkinkan adanya tukar pikiran antar pemilik restoran, juga untuk menciptakan persaingan yang sehat.

4. Bisnis secara transparan dan utamakan pelayanan

Pelaku bisnis halal haruslah terbuka dalam menyampaikan bahan-bahan makanannya, serta cara pengolahannya. Transparansi juga terbukti mampu meningkatkan penjualan karena membuat pembeli merasa yakin dan tenang dengan makanan yang dikonsumsinya.

Sementara itu, pelayanan juga jadi hal terpenting yang harus diperhatikan. Keramahan dan kesigapan menjadi kunci dalam membuat pengunjung nyaman, dan akhirnya akan datang kembali.

5. Mengikuti perkembangan makanan halal

Aktiflah dalam berbagai pelatihan halal. Perkembangan teknologi yang semakin cepat juga mempengaruhi industri halal. Rajinlah mengikuti seminar dan pelatihan halal yang banyak dilakukan, dan juga perbarui informasi melalui website-website khusus informasi halal.

Blogger, Social Media Strategist, SEO, Web Design.