google-apps-1024x575

Google telah menjadi salah satu perusahan terbaik pencipta kekayaan bagi investor. Sahamnya melonjak melewati $ 1,000 membuktikan bahwa investor terus percaya pada dominasinya di jagat maya.

Berbagai produk yang hebat telah mereka hasilkan. Namun, keberhasilan Google ini juga dibangun di atas kegagalan dan belajar dari ide-ide yang tampaknya revolusioner pada awalnya, tetapi terpaksa dihentikan karena kurangnya minat pengguna atau karena mereka tidak memenuhi harapan perusahaan.

Mari kita lihat 15 proyek Google yang gagal tersebut dan mengapa perusahaan harus menghentikan mereka.

1. Google Lively

Sebuah lingkungan virtual untuk chatting dan berbagi. Anggap saja sebagai Program chat 3D atau situs jejaring sosial 3D di mana pengguna bisa menyesuaikan setiap aspek dari ruangan yang dia buat.

Mengapa itu dihentikan: Google beralasan bahwa perusahaan ingin lebih fokus pada inti pencarian, iklan dan aplikasi bisnis.

Kapan ini dihentikan: Tim Lively mengatakan dalam sebuah posting blog pada 19 November 3008 bahwa layanan akan “dihentikan pada akhir Desember (2008), dan semua orang yang telah bekerja pada proyek kemudian akan berpindah ke tim lain.”

 2. Google Answers

Google Answers adalah portal yang memungkinkan pengguna untuk mengirim jawaban yang akurat atas permintaan pengguna lain. Orang yang menanyakan pertanyaan akan membayar antara $ 2 sampai $ 200. Selain itu, ia juga bisa meninggalkan upah sampai $ 100.

Mengapa itu dihentikan: Google hanya mengatakan bahwa “pertimbangan produk lain membuatnya lebih efektif bagi kita untuk memfokuskan pada cara-cara lain untuk membantu pengguna kami menemukan informasi.”

Kapan dihentikan: Pada akhir November 2006, Google melaporkan bahwa ia berencana untuk secara permanen menutup layanan sampai akhir Desember 2006. Pengguna masih dapat mengakses beberapa arsip.

 3. Google Print Ads and Google Radio Ads

Google masuk ke penjualan iklan cetak dan iklan radio dengan biaya yang jauh lebih rendah. Bahkan mencapai kesepakatan dengan Clear Channel Radio, dimana Google seharusnya menjual sekitar 5 persen ruang iklan.

Mengapa itu dihentikan: Google mengatakan bahwa proyek tidak memenuhi harapan dan tidak memiliki dampak yang perusahaan harapkan.

Layanan dihentikan pada tahun 2009.

 4. Dodgeball

Dodgeball adalah layanan jejaring sosial berbasis lokasi dimana pengguna bisa menggunakan melalui pesan teks. Ini memungkinkan seseorang untuk menyiarkan atau lokasi nya kepada pengguna lain. Mereka kemudian bisa bertemu.

Mengapa itu dihentikan: Google tidak menentukan alasan. Tapi layanan diganti dengan Google Latitude.

Kapan dihentikan: Pada bulan Januari 2009 eksekutif Vic Gundotra mengumumkan di Google Code Blog bahwa perusahaan akan ‘menghentikan Dodgeball.com dalam beberapa bulan ke depan, setelah itu layanan ini tidak akan lagi tersedia. ”

 5. Google Notebook

Itu adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk browsing, klip, dan mengatur informasi dari seluruh situs melalui aplikasi tunggal, secara online yang dapat diakses dari komputer manapun. Ini adalah alat berbasis browser. Pengguna bisa berbagi dengan orang lain untuk bekerja sama dan juga bisa membuat publik notebook.

Mengapa itu dihentikan: Pada situsnya, Google mengatakan: “Kami senang bekerja pada Notebook, tapi kadang-kadang kita harus membuat keputusan sulit untuk fokus lebih dari upaya kami pada produk dan teknologi yang akan menghasilkan banyak keuntungan bagi pengguna dalam jangka panjang . Dengan semua inovasi besar dan perbaikan, Google Docs dalam beberapa tahun terakhir, kami pikir itu adalah pengganti yang besar untuk Notebook. ”

Google mulai menggeser data notebook ke Google docs pada bulan November 2011, dan Juli 2012 Notebook ditutup.

 6. Google Buzz

Sebagian besar dari Anda akan ingat Buzz – upaya pertama Google memperkenalkan produk saingan Facebook. Jejaring sosial, microblogging dan pesan alat diintegrasikan ke Gmail dan pengguna bisa berbagi link, foto, video, pesan status dan komentar.

Mengapa itu dihentikan: Pertama itu masalah privasi. Bahkan, pengguna Gmail mengajukan gugatan class action terhadap Google. Kedua, pengguna tidak senang dengan program jejaring sosial di kotak surat mereka.

Kapan dihentikan: Ketika Eksekutif Perusahaan Bradley Horowitz mengumumkan pada bulan Oktober 2011 pada blog resmi: ‘dalam beberapa minggu kita akan menutup Google Buzz.”

 7. Google Jaiku

Sebanding dengan Twitter, Jaiku adalah jaringan sosial, micro-blogging dan layanan lifestreaming. Perusahaan ini didirikan oleh Jyri Engeström dan Petteri Koponen, lalu dibeli oleh Google pada bulan Oktober 2007.

Mengapa itu dihentikan: Secara resmi, Google tidak memberikan alasan apapun untuk menghentikan layanan. Beberapa mengatakan bahwa itu ditutup sebab perusahaan ingin fokus pada Google+ dan juga Jaiku dinilai tidak cukup berhasil.

Pada bulan Oktober 2011, Google Bradley Horowitz menulis di blog resmi bahwa “Jaiku, produk kami diperoleh pada tahun 2007 yang memungkinkan pengguna mengirim update ke teman, akan ditutup pada 15 Januari 2012.”

 8. Google Wave

Aplikasi ini, yang menerima banyak reaksi positif, memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dalam mengerjakan proyek. Menurut keterangan oleh Google: WAVE adalah tempat menyamakan tujuan, di mana orang dapat berkomunikasi dan bekerja sama dalam tulisan, foto, video, peta, dan banyak lagi. ”

Mengapa itu dihentikan: Pada blog resminya, eksekutif Urs Holzle mengumumkan: “Kami tidak berencana untuk terus mengembangkan Wave sebagai produk mandiri, tapi kami akan mempertahankan situs setidaknya sampai akhir tahun ini dan memperluas teknologi untuk digunakan dalam proyek Google lainnya. ”

Kapan dihentikan: Pengumuman untuk menghentikan datang pada 04 Agustus 2010 dan layanan tersedia sampai Google Docs mampu mengakses data-data wave. Itu adalah sekitar bulan April 2012.

 9. Google Reader

Google Reader adalah agregator RSS feed / Atom yang dikembangkan oleh insinyur Chris Wetherell dan diluncurkan melalui Google Labs.

Mengapa itu dihentikan: Ini ditutup karena pengguna menurun. Inilah yang diposting di blog resmi Google mengatakan: “Kami meluncurkan Google Reader pada tahun 2005 dalam upaya untuk membuatnya mudah bagi orang untuk menemukan dan mengawasi situs Web favorit mereka. Sementara pengikut setia, yang selama bertahun-tahun penggunaan telah menurun jumlahnya. ”

Ketika: Itu tertutup Juli 2013

 10. iGoogle

iGoogle adalah homepage pribadi. Seorang pengguna dapat menyesuaikan homepage Google dengan Gadget’ seperti newfeed, Google Chat, timer, kutipan sastra harian, permainan dan sebagainya.

Mengapa itu dihentikan: Perusahaan merasa bahwa kebutuhan untuk homepage tidak lagi diperlukan. Dengan aplikasi modern yang berjalan pada platform seperti Chrome dan Android, kebutuhan untuk sesuatu seperti iGoogle telah terkikis dari waktu ke waktu,” bunyi statement perusahaan.

Kapan dihentikan: Perusahaan akan pensiun iGoogle pada tanggal 1 November 2013.

11. Google Health

Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan catatan kesehatan mereka di lokasi yang terpusat – baik secara manual atau dengan login ke account merek yang bermitra dengan penyedia layanan kesehatan. Perusahaan ingin ‘membuat layanan yang akan memberikan orang akses ke data kesehatan pribadi mereka dan informasi kesehatan.

“Mengapa itu dihentikan: Menurut posting di blog resmi perusahaan: “Sekarang, dengan beberapa tahun pengalaman, kami telah mengamati bahwa Google Health tidak memiliki dampak luas yang kita harapkan.”

Layanan ini ditutup total pada Januari 2013.

12. Knol

Knol adalah artikel otoritatif tentang topik tertentu, yang ditulis oleh orang-orang yang tahu tentang hal tersebut.

Menurut posting perusahaan di blog resmi: ‘Knol seharusnya mendorong para ahli untuk menyumbangkan pengetahuan mereka secara online dan membuatnya dapat diakses untuk semua orang.

“Banyak yang melihat knol sebagai upaya Google untuk bersaing dengan Wikipedia.

Semua konten dihentikan dan dihapus pada Oktober 2012.

13. Picnik

Picnik adalah layanan editing foto online. Google telah mengakuisisi itu pada tahun 2010.

Mengapa itu dihentikan: Itu dihentikan karena sebuah aplikasi dengan alat yang sama akan ditambahkan ke Google+. Alat itu yang disebut sebagai Creative Kit.

Pada bulan Januari 2012, Picnik mengumumkan bahwa mereka akan menutup layanan pada tanggal 19 April 2012.

14. Google Video Marketplace

Itu adalah marketplace terbuka untuk konten video yang memungkinkan konsumen untuk membeli dan menyewa berbagai macam konten video dari jaringan utama televisi, profesional liga olahraga, kabel programmer, produsen independen dan pembuat film. Itu seharusnya menjadi saingan untuk iTunes Apple.

Mengapa itu dihentikan: Layanan ini tidak berhasil dan sesuai dengan target yang diharapkan oleh Google.

Ini ditutup pada bulan Agustus 2007.

15. Google Fast Flip

Google Fast Flip adalah agregator berita online. Ia mencoba untuk menggabungkan unsur-unsur cetak dan artikel online. Seperti majalah cetak, Fast Flip akan membiarkan pengguna menelusuri secara berurutan melalui kumpulan berita terbaru, berita utama dan topik populer, serta feed dari penerbit untuk individu. Google telah bekerjasama dengan rumah-rumah media untuk menyajikan konten.

Mengapa itu dihentikan: Dalam posting-nya di blog resmi, Google tidak menentukan alasan. Google hanya mengatakan: “Selama dua tahun terakhir, bekerja sama dengan penerbit, percobaan Fast Flip telah memicu pendekatan baru untuk lebih cepat, tampilan konten yang lebih kaya di web. Pendekatan ini telah menginspirasi kami untuk menciptakan layanan baru. ”

Pengumuman untuk menghentikan layanan datang pada September 2011.

Blogger, Social Media Strategist, SEO, Web Design.