Saat ini dunia tengah mengalami masalah ganda untuk nutrisi yaitu kelebihan berat badan tapi di sisi lain juga mengalami kekurangan gizi. Kini diketahui 10 negara dengan penduduk yang paling gemuk serta paling kurus.

Para ilmuwan telah menghitung berapa banyak berat badan ekstra di dunia yang membawa akibat seseorang mengalami kelebihan berat badan dan obesitas. Diketahui Amerika Serikat menjadi peringkat pertama untuk kategori negara dengan penduduk tergemuk, sedangkan negara terkurus kebanyakan diisi oleh negara di Afrika dan Asia.

Berikut ini 10 negara dengan penduduk paling banyak yang gemuk dan 10 negara terkurus:

10 negara dengan penduduk tergemuk
1. Amerika Serikat
2. Kuwait
3. Kroasia
4. Qatar
5. Mesir
6. Uni Emirat Arab
7. Trinidad dan Tobago
8. Argentina
9. Yunani
10. Bahrain

10 negara dengan penduduk terkurus
1. Korea Utara
2. Kamboja
3. Burundi
4. Nepal
5. Republik Kongo
6. Bangladesh
7. Sri Langka
8. Ethiopia
9. Vietnam
10. Eritrea

Dalam studi ini peneliti menggunakan pengukuran indeks massa tubuh (IMT atau BMI) dan distribusi tinggi untuk memperkirakan rata-rata massa tubuh orang dewasa. Hasilnya dikalikan dengan ukuran populasi untuk mendapatkan massa total yang disebut biomassa.

Secara global diketahui massa tubuh rata-rata seseorang sebesar 62 kg dan hasil penelitian ini telah diterbitkan lebih rinci secara onlie dalam jurnal BMC Public Health pada 17 Juni 2012.

Seperti diketahui kelebihan maupun kekurangan gizi bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Kelebihan gizi bisa memicu berbagai penyakit seperti jantung, diabetes, gangguan pernapasan, perlemakan hati hingga kanker.

Sedangkan orang yang kekurangan gizi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan seperti mengganggu perkembangan otak terutama jika masih berada dalam masa golden age (usia hingga 5 tahun), lebih mudah terkena penyakit infeksi, serta mengganggu fungsi organ-organ di tubuh.

Blogger, Social Media Strategist, SEO, Web Design.